1. Apa yang harusnya saya harapkan?

    Saat anda menelpon untuk membuat janji dengan Rainbow Castle , anda akan diminta untuk mengisi lembar pendaftaran termasuk didalamnya riwayat hidup, informed consent, dan lembar sekolah (tergantung pada kasus) untuk dilengkapi saat sesi pertama. 

    Apa yang terjadi pada sesi pertama?

    Pada sesi pertama psikolog anda akan melakukan wawancara untuk mendapatkan informasi menyeluruh tentang apa yang menjadi kekhawatiran anda serta pengecekan riwayat perkembangan anak dari segi fisik, kognisi, emosi dan sosial. Topik-topik pertanyaan juga bisa meliputi keluarga beserta pengasuhan , tergantung pada kasus yang dimiliki. 

    Psikolog juga akan memberikan assessment yang telah terstandardisasi (jika diperlukan) dengan anda dan anak anda, wawancara anak dan observasi sekolah (jika diperlukan). Di akhir sesi pertama ini, psikolog akan memberikan rekomendasi, umpan balik, maupun rencana yang dibutuhkan bagi keluarga anak terkait kekhawatiran yang telah anda utarakan sebelumnya. Selama proses ini berlangsung, psikolog anda akan berusaha untuk saling menghormati, bertanggung jawab, serta memberikan perhatian penuh dalam bekerja sama dengan anda. 

    Apakah tipe terapi yang tersedia di Rainbow Castle ?

    Rainbow Castle menyediakan berbagai macam terapi dengan basis bermain. Saat ini, terdapat tiga jenis terapi dengan basis bermain yang seluruhnya adalah evidence based practice. Pemilihan ini dilakukan untuk menjamin bahwa setiap keluarga mendapatkan perlakuan yang tepat dan efektif , dan telah teruji secara klinis, berdasarkan kebutuhan dan keunikan dari masing-masing keluarga.


    Tim psikolog kami telah memiliki beberapa therapeutic skill yang berlisensi resmi dan traning sehingga mampu memberikan strategi dengan basis bermain  sesuai dengan permasalahan yang dihadapi. Beberapa terapi dengan basis bermain yang kami berikan yaitu Play therapy, Parent-Child Interaction Therapy (PCIT), dan Theraplay. Ketiga terapi yang kami sediakan memiliki strategi dan efektifitas yang berbeda-beda untuk masalah tertentu.                      Penting untuk diingat, bahwa terapi yang kami  sudah memiliki terstandardisasi secara ilmiah yang diakui secara internasional. Meskipun begitu, tetap ada ruang dalam standardisasi tersebut untuk melakukan penyesuaian sesuai dengan kebutuhan setiap keluarga dan anak sebagai individu yang unik.

  2. Bagaimana proses pemeriksaan hingga pemberian intervensi dan terapi di Rainbow Castle? 
    1. Bertemu dengan keluarga untuk membicarakan:
      • Initial clinical interview dengan pengasuh utama
      • Observasi dan interview dengan anak
      • Jika diperlukan, observasi anak disekolah dan mengumpulkan informasi dari pihak sekolah terkait perkembangan anak
    2. Pemberian pemeriksaan yang telah terstandardisasi secara komprehensif yang memang diperlukan sesuai dengan permasalahan yang ada. Pemeriksaan tersebut antara lain, pemeriksaan behavioral, kognitif, hubungan orangtua-anak, dan lain-lain. Setelah pemeriksaan ini kemudian akan ditunjukkan hasil beserta rekomendasi dan umpan balik sesuai kebutuhan keluarga.
      • Jika berdasarkan hasil pemeriksaan menyeluruh, keluarga membutuhkan terapi dengan basis bermain, maka langkah berikutnya akan dijelaskan pada poin nomer 3 dibawah.
      • Jika berdasarkan hasil pemeriksaan meyeluruh, kelurga tidak membutuhkan terapi, maka tahap pertemuan dengan psikolog berhenti sampai di poin ini.
      • Jika berdasarkan hasil pemeriksaan menyeluruh, keluarga membutuhkan terapi, namun bukanlah terapi dengan basis bermain, maka akan kami bantu untuk memberikan informasi tempat terapi yang sesuai dengan kebutuhan keluarga.
    3. Pemberian Terapi
      Keluarga kemudian akan dibuatkan janji untuk melakukan kelanjutan dari terapi ini sesuai dengan terapi yang dibutuhkan. Penjelasan singkat mengenai gambaran umum akan dijelaskan pada sesi pertama. penjelasan mendalam mengenai terapi akan dijelaskan pada sesi berikutnya.
      MOHON DIINGAT:Saat ini layanan terapi dan pemeriksaan kami belum di-cover oleh asuransi mana pun di Indonesia.

      Silahkan menghubungi klinik kami (link ke contact klinik di tulisan “menghubungi klinik kami”) untuk penjelasan lebih mendalam tentang pelayanan konsultasi untuk keluarga dan anak, atau silahkan melengkapi form online kami untuk dihubungi oleh admin kami.

  3. Bagaimana saya bisa mengetahui kira-kira terapi yang mana yang sesuai dengan masalah saya?

    Pada dasarnya, setiap keluarga memiliki kebutuhan yang berbeda-beda terkait terapi yang dibutuhkan. Hal ini sangat bergantung pada banyak hal, terutama permasalahan keluarga, usia serta kondisi dari pengasuh signifikan anak. Oleh karena itu, diperlukan pemeriksaan secara menyeluruh dan mendalam tentang permasalah sebuah keluarga sebelum akhirnya ditentukan terapi dengan basis bermain yang mana yang dibutuhkan dan sesuai dengan kebutuhan keluarga.

    Namun demikian, terdapat pula panduan yang bisa memberikan gambaran dan membantu keluarga memperkirakan terapi basis bermain apa yang mungkin tepat dengan kebutuhan. Panduan ini bisa memberikan sedikit gambaran, meskipun pemberian terapi harus didahului dengan pemeriksaan secara menyeluruh.

  4. Fasilitas apa saja yang terdapat di klinik Rainbow Castle?

    Selain dilengkapi dengan ruang konseling yang tertutup, Rainbow Castle juga memiliki ruang bermain yang diisi dengan mainan-mainan yang telah dipilih dengan selektif. Hal ini dilakukan untuk memberikan efek terapetik yang maksimal dan sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing anak dengan permasalahannya yang unik.

Menu