Secara umum, kita sudah mendapatkan gambaran apa itu perilaku koperatif dan bagaimana manfaat jangka panjangnya bagi anak (simak pada artikel part 1), lantas bagaimana cara mengajarkannya pada anak? Sebelum memintanya untuk koperatif kita perlu membangun kedekatan atau hubungan terlebih dulu dengannya agar anak merasa dekat dengan kita, merasa dihargai, dan juga dapat mengamati sikap koperatif dari kita. Artikel yang ditulis oleh Leyba melalui Psychology Today tahun 2017, menjelaskan strategi untuk mengajarkan perilaku koperatif pada anak yaitu dengan “Membangun hubungan sebelum memintanya melakukan tugas”. Orang tua atau pengasuh perlu terhubung (connected) dengan anakbeberapa menit sebelum memintanya mengikuti instruksi yang kita berikan. Melalui hal ini pun, akan terciptanya kehangatan dan bonding antara orang tua atau pengasuh dengan anak. Anak tentu juga akan lebih mudah untuk mengikuti instruksi yang diberikan. Berikut merupakan strategi yang dapat diterapkan.

  • Berhenti sejenak dan amati kegiatan anak.

Pertama, kita perlu mengamati apa yang sedang dilakukannya saat itu. Hal ini akan membuat kita memahami situasi. dibanding kita langsung meminta anak mengikuti apa yang kita mau.

  • Tanyakan kepada anak apa yang sedang dilakukan

Kita dapat menanyakan “Apa yang sedang kamu lakukan?” atau “Mama/Papa lihat kamu sedang bermain (sebutkan permainannya). Tanyakan “Bolehkah Mama/Papa ikut?”

  • Libatkan diri terhadap kegiatan saat itu.

Lakukanlah kegiatan bersamanya selama 5 menit, biarkanlah anak yang memandu jalannya kegiatan atau permainan tersebut. Pada intinya terlibatlah pada semua yang sedang dilakukannya misalnya temani ketika sedang membaca buku, menyusun puzzle, mewarnai dll.

  • Berikan kesempatan untuk anak memandu jalannya kegiatan.

Anak akan merasakan bahwa dirinya memiliki rasa percaya diri akan adanya power dan kontrol terhadap kegiatannya. Hal ini akan membuat anak lebih koperatif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu